Uang Dan Sahabat : Air Dan Minyak

Friendship

Dalam menjalin sebuah hubungan bersama teman ataupun sahabat, tidak jarang kita menemukan banyak yang akhirnya bertengkar hanya dikarenakan permasalahan mengenai uang. Jika diibaratkan, pertemanan yang menyangkut masalah keuangan itu seperti air dan minyak, kedua hal yang tidak akan bisa disatukan bagaimanapun caranya.

Dalam sebuah hubungan persahabatan, awalnya semua akan berjalan dengan baik. Tidak jarang kita temui ada salah satu pihak yang sedang kesulitan dan ingin meminjam uang kepada teman atau sahabatnya. ketika mereka datang untuk meminjam, mereka akan bersikap sangat baik sehingga kita tidak tega dan akhirnya memberikan bantuan.

Sayangnya ketika kita sudah memberikan apa yang mereka butuhkan, mereka seakan lupa akan tanggung jawab yang harus mereka selesaikan. Permasalahan akan timbul dari sini. Biasanya seorang sahabat akan segan untuk meminta kembali uang yang telah dipinjamkan, sedangkan sahabat yang kita pinjami uang juga akan menjadi segan untuk bertemu dengan kita.

Semakin lama hal ini akan semakin dalam sehingga merusak suatu hubungan yang sudah terjalin sejak lama. Ini ibarat pribahasa “akibat nila setitik, rusak susu sebelanga”. Hanya karena permasalahan yang kecil dan seharusnya tidak merusak sebuah hubungan, justru hubungan yang murni antar kita dan sahabat menjadi hancur. Sebenarnya banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan sepele semacam ini, kalian hanya perlu berkomunikasi dan membicarakan jalan keluar terbaiknya. Ingatlah, seorang sahabat harus saling menguatkan dan bukan saling meninggalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.