Bahan Alami Yang Cocok Tuk Atasi Luka Bakar

Bahan Alami Yang Cocok Tuk Atasi Luka Bakar

Dalam kegiatan memasak, menggoreng merupakan salah satu hal yang sering dilakukan. Tidak sedikit orang yang terkena ciptaran minyak panas saat menggoreng. Biasanya jika tidak segera diberi pengobatan pertama, kulit bisa melepuh dan terasa perih. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengobati kulit yang terkena cipratan minyak panas.

1. Mentimun

Mentimum adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki sifat dingin. Kandungan antioksidan serta vitamin C yang ada pada mentimun sangat baik untuk meringankan panas yang disebabkan oleh cipratan minyak panas.

2. Susu dingin

Susu merupakan sumber asupan yang sangat baik bagi tubuh. Selain memiliki rasa yang enak, susu juga berkhasiat untuk meringankan rasa panas yang dialami ketika kulit terkena minyak panas. Caranya cukup sederhana, kita hanya tinggal merendam kulit yang terkena minyak kedalam susu atau kita juga bisa mengompres menggunakan kain yang sudah direndam susu dingin.

3. Lidah buaya

Sama halnya dengan mentimun, lidah buaya juga memiliki sifat dingin yang dapat membantu meringankan rasa panas dan perih pada kulit yang terbakar. Kalian dapat memotong tipis lidah buaya atau di blender lalu dioleskan ke kulit yang terkena minyak panas. Setelah itu perban dengan kain kasa untuk memaksimalkan proses penyembuhan.

4. Madu

Selain enak, madu memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk mengobati rqasa perih yang diderita saat kulit terkena minyak panas. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang terkandung pada madu sangat baik untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh kulit terbakar.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun digunakan untuk mengatasi bekas yang akan ditinggalkan oleh luka bakar. Dengan mengoleskan minyak zaitun di sekitar luka bakar, kulit akan lebih cepat beregenerasi dan akan terus terjaga kelembapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *