cara – cara membudidayakan ikan mas

 

Hari ini saya akan membagikan cara membudidayakan ikan mas, ikan mas adalah salah satu ikan yang sudah lama di budidayakan baik di indonesia sendiri ikan air tawar ini sangan di sukai di kalangan masyarakat, selain daging nya yang lejat ikan ini juga mengandung banyak protein loh.

 

Di habitat aslinya iakan mas ini menetap di perairan sungan maupun waduk/ danau pada

Ketinggian sekitar 150-600 dpl ( di bagian permukaan laut), dengan kondisi suhu air 20°-25°C .

Ikan ini juga termasuk kedalam kategori omnivora atau sih pemakan segalanya oleh karena itu biasanya unruk memelihara ikan ini, usahakan untuk membuat lingkaran yang sama dengan yang ada di habitat asli nya.

 

Jenis untuk membudidayakan ikan jenis ini kamu dapat memelihara nya di dalam kolam, kantong jaring apung dan lainya. Bergantung pada ketersediaan areanya pemberian makan juga dapat bermacam-macam jenisnya mulai dari pelete dan lain-lain, hal penting yang harus kamu perhatikan adalah adalah kualitas air Ph air harus berkisar antara 7-8, oksigen yang cukup dan tidak terancam oleh kandungan zat-zat lainya  juga mempengaruhi kesehatan sih ikan

 

1.CARA BUDIDAYA IKAN MAS

Sebagai peluang bisnis budidaya ikan mas bisa kamu pilih sesuai kebutuhan,kamu jugabisa membuka usaha budidaya ikan mas untuk keperluaan konsumsi. Usaha pembibitan ikan mas juga mempunyai prospek yang cerah, dikarenakan terjadi pemutaran modal yang sangat cepat. Untuk penyediaan nya sendiri, bibit ikan mas dapat mulai dari memilih ikan mas yang baru menetas, berumur sekitar 1-2 bulan. Pada setiap umur ikan mas memiliki prospek ekonomi.

 

2.MEMPERSIAPKAN INDUK IKAN MAS

Indukan ikan yang mau dipijahkan dirawat di kolam khusus yang terpisah

Antara pejantan dan sihbetina. Makanan yang harus di berikan berupa pelet yang memiliki

Kandungan protein dan betina. Makanan yang di berikan berupa pelet yang memiliki kandungan protein 25%. Dosis pemberian pelet ikan mas 3% dari bobot biomas perhari. Pelet di berikan 3x 1hari, ikan mas yang sudah didortir sudah dapat dipijahkan setelah berusia 1,5-2 tahun dengan berat >2kg. Sedangkan untuk induk jantan yang berusia 8 bulan dengan berat > 0,5 kg. Dalam antara penjantan dan betina bisa dilakukan melalui cara memijat perut ikan ke arah ekornya. Apabila sih ikan mengekuarkan cairan putih dari kelamin nya, itu adalah ikan dengan jenis kelamin jantan.

 

3.PROSES PEMIJAHAN IKAN MAS

  1. Mengeringkan dan membersikan kolam
  2. Menaruh air didalam kolam dengan tinggi maksimal 75-100 cm
  3. Menaruh hapa agar memudahkan kamu pasca panen si larva dikolam dengan cela 4x3x1meter.hapa.di beri beban agar mengambang.
  4. Kamu harus bemberi sabut didalam kolam pemijahan dan dijepit bambu dengan diameter 1,5x 0,4 m,
  5. Masukan kan pejantan dan betina yang siap pijah, jumlah yang harus di masukan adalah 2-3 ikan.
  6. Jika telur berumur  ± 4 hari telur ikan mas akan berubah menjadi larva, beberapa waktu sehabis menjadi menjadi larva masih memiliki cadangan cadangan makanan dari telur, setelah itu diberikan makanan tembahan berupa pelet untuk larva.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *